Senin, 11 Agustus 2014

Adventure Island 3 Nintendo / NES 1992

pada seri ketiga Adventure Island (AI) ini, sepertinya pihak hudson soft melakukan developt pada seri-seri sebelumnya, bila pada seri AI2 nama karakter terdapat pada nama pulau, pada seri ini setiap stage memiliki nama karakter, sama seperti seri sebelumnya, sang hero harus menyelamatkan kekasihnya tina yang lagi-lagi diculik, kali ini oleh pesawat alien yang selalu berpindah-pindah saat dihampiri higgins yang berperan sebagai tokoh utama, pada seri ini juga terdapat dinosaurus tambahan yang tidak ada pada seri AI2, dinosaurus tersebut bernama triceratops, berikut gambar dari dinosaurus tersebut

dinosaurus ini memiliki pola serang yang berbeda dari donosaurus yang terdapat pada seri AI2, dinosaurus ini menyerang dengan cara berguling-guling, sehingga bisa dikatakan pola serangan dinosaurus ini berjarak pendek, selain itu jumlah inventori juga ditambah mengingat ada dinosaurus tambahan serta boomerang yang menjadi salah satu senjata selain palu yang terdapat pada seri AI1 dan AI2.


game ini terdiri dari 8 level, dimana setiap level terdiri dari 6 sublevel, cukup banyak juga, mengingat pada AI1 hanya terdapat 4 sublevel, pada seri ini juga tidak terdapat poin stage seperti pada AI1, sehingga akan kembali pada awal stage bila life berkurang, namun panjang stage lebih pendek jadi masih relefan untuk diarungi, total dari 48 stage memiliki 19 karakter yang berbeda sesuai dengan namanya, berikut tampilan dari 19 karakter stage dalam AI3

1.coastal clash

karakter stage ini menyebar dihampir semua level, pada level tertentu stage ini memiliki background waktu yang berbeda, jadi tidak hanya padi pagi hari saja background waktunya, biasanya stage ini tidak memiliki jurang yang terlalu lebar.

2.bottomless pit

hampir sama dengan coastal clash, karakter stage ini juga tersebar dibeberapa level, memiliki background bernuansa dibawah tanah, stage ini memiliki tingkat kesulitan yang tidak bisa dianggap remeh meski telah muncul di level 1.

3.oak forest

karakter stage ini hampir sama dengan coastal clash namun lebih memiliki pohon-pohon yang turut meramaikan nuansa karakter stage ini, oak forest menyebar dibeberapa level stage seperti halnya coastal clash dan bottomless pit.

4.in the abyss

pada karakter stage ini pemain harus menyelam didalam air, tentunya memiliki dinosaurus yang khusus untuk lingkungan air (elasmosaurus) akan sangat membantu dalam mengarungi stage ini karena dinosaurus ini mampu membawa sang hero bergerak lebih cepat menuju ujung stage.

5.the desolation

karakter stage berlatar belakang padang pasir yang cukup ganas, terdapat area yang terdapat lumpur hidupnya, sebaiknya jangan terlalu lama diarea ini karena dapat menarik sang hero kebawah yang dapat menyebabkan berkurangnya nilai life.

6.ice cave

sesuai dengan namanya, karakter stage ini berlatar es, karakter stage ini juga menyebar di beberapa level meski tidak sebanyak coastal clash, memiliki lebar jurang yang cukup lebar serta stalagtit yang bisa jatuh menimpa hero maka karakter stage ini sepantasnya diwaspadai karena menuntut pemain untuk memiliki ketepatan dan perhitungan yang cukup bagus dalam mengarungi karakter stage ini.

7.misty haze

stage ini berlatar belakang diatas awan, karena awan-awan sebagai pijakan maka akan sering ada jurang sebagai rintangan, fokus dan konsentrasi dalam mengarungi karakter stage ini, serta ketepatan dalam melalui jurang antara awan satu dengan awan lainnya.

8.cascading torrent

karakter stage ini memliki karakter yang hampir sama dengan misty haze, memiliki cukup banyak rintangan jurang, hanya sanya pada cascading torrent ini berlatar pada tebing air terjun yang besar dan deras, fokus dan konsentrasi dalam mengarungi karakter stage ini, serta ketepatan dalam melalui jurang antara tebing satu dengan tebing lainnya.

9.lost woods

karakter stage ini memiliki latar belakang yang hampir sama dengan karakter stage oak forest, namun karakter stage lost woods memiliki kesan yang suram dan menyeramkan serta tersebar hanya dibeberapa level stage saja.

10.perilous plunge

karakter stage ini memiliki persamaan dengan karakter stage cascading torrent hanya saja pada karakter stage ini memiliki air terjun yang kecil, tidak selebar cascading torrent, fokus dan konsentrasi dalam mengarungi karakter stage ini, serta ketepatan dalam melalui jurang antara tebing satu dengan tebing lainnya.

11.pyramid crypt

berlatar belakang didalam piramida yang penug dengan halangan dan rintangan, fokus dan konsentrasi dalam mengarungi stage ini, karakter stage ini hanya tampil satu kali sepanjang 48 level dalam permainan AI3 ini.

12.shipwreck salvage

karakter stage ini memiliki persamaan dengan karakter stage in the abyss, karena pada karakter stage shipwreck salvage ini berlatar didalam air sama dengan karakter stage in the abyss, namun pada karakter stage ini berlatar kapal laut yang tenggelam.

13.fossil lair

karakter stage ini berlatar belakang dibawah tanah yang penuh dengan peninggalan fosil mahluk rasasa, pada karakter stage ini pemain menggunakan pijakan seperti tulang punggung besar yang berliku sehingga akan menyulitkan bila ada musuh terbang yang menghalangi.

14.bone crossing

karakter stage ini memiliki pijakan yang sama dengan karakter stage fissol lair, namun memiliki latar belakang berupa pantai sehingga jauh dari kesan suram dan menyeramkan seperti pada karakter stage fossil lair, namun jangan terkecoh dengan keindahan tersebut, karena diperlukan ketepatan dalam melaui jurang yang menghadang.

15.blizzard peak

karakter stage ini memiliki nuansa yang hampir sama dengan karakter stage ice cave, yaitu berlatas es atau salju, namun blizzard peak lebih kuat nuansa es nya, meski demikian bizzard peak tidak bisa dianggap remeh, fokus dan konsentrasi dalam mengarungi karakter stage ini.

16.fire gorge

karakter stage ini mengingatkan saya pada volcanos island yang terdapat pada seri AI2, karena memiliki latar gunung yang meledak dan hasil ledakan yang dimuntahkan gungung tersebut harus dihindari karena dapar berakibat berkurangnya nilai life.

17.shaft of darkness

karakter stage shaft of darkness ini mirip dengan karakter stage bottomless pit, shaft of darkness juga terdapat air sehingga hero harus menyelam untuk menuju daratan selanjutnya, fokus dan konsentrasi dalam mengarungi karakter stage ini karena stage ini berjenis darat dan air.

18.thunder clash

karakter stage ini hampir sama dengan karakter stage misty haze, namu nuansa pada thunder clash yang bernuansa gelap menjadikan karakter ini berkesan seram dan menakutkan, thunder clash juga memiliki tingkat kesulitan yang membutuhkan konsentrasi dan ketenangan dalam mengarunginya.

19.double eruption

karakter stage ini terletak diakhir permainan, sehingga double eruption memiliki tingkat kesulitan yang bisa dikatakan cukup istimewa, karakter stage ini mirip dengan karakter stage fire gorge yang memiliki latar gunung yang memuntahkan larva sehingga dapat mengancam sang hero.

dari 19 karakter stage tersebut akan menyebar keseluruh 48 stage yang di bagi dalam 8 level, berikut susunan level dalam AI3
area 1-1 coastal clash
area 1-2 bottomless pit
area 1-3 oak forest
area 1-4 in the abyss
area 1-5 coastal clash
area 1-6 the desolation

area 2-1 bottomless pit
area 2-2 coastal clash
area 2-3 ice cave
area 2-4 misty haze
area 2-5 cascading torrent
area 2-6 lost woods

area 3-1 oak forest
area 3-2 ice cave
area 3-3 perilous plunge
area 3-4 in the abyss
area 3-5 the desolation
area 3-6 bottomless pit

area 4-1 coastal clash
area 4-2 oak forest
area 4-3 the desolation
area 4-4 pyramid crypt
area 4-5 in the abyss
area 4-6 shipwreck salvage

area 5-1 bottomless pit
area 5-2 perilous plunge
area 5-3 coastal clash
area 5-4 oak forest
area 5-5 bottomless pit
area 5-6 fossil lair

area 6-1 bone crossing
area 6-2 ice cave
area 6-3 blizzard peak
area 6-4 oak forest
area 6-5 blizzard peak
area 6-6 ice cave

area 7-1 in the abyss
area 7-2 oak forest
area 7-3 fire gorge
area 7-4 lost woods
area 7-5 shaft of darkness
area 7-6 thunder clash

area 8-1 area gorge
area 8-2 oak forest
area 8-3 shaft of darkness
area 8-4 coastal clash
area 8-5 in the abyss
area 8-6 double eruption

sama seperti seri sebelumnya, permainan ini menuntut pemain untuk fokus dan konsentrasi dalam mengarungi setiap stage, terlebih akan ada jurang yang cukup lebar, tentu akan memerlukan ketepatan dalam melewatinya, musuh yang datang dari arah belakang secara tiba-tiba juga menuntut pemain untuk ekstra waspada, tetapi jangan kawatir, masih ada peri yang membuat hero kebal terhadap serangan serta life up pada skor tertentu serta keberadaan dinosaurus yang memiliki kelebihan masing-masing akan memudahkan pemain dalam mengarungi 48 stage yang akan dihadapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar